Home Top Ad

Responsive Ads Here

Alasan Gas dan Rem Depan Motor di Sebelah Kanan

Share:

Alasan Gas dan Rem Depan Motor di Sebelah Kanan

Dalam mendesain sebuah sepeda motor, setiap pabrikan pasti memperhatikan sisi ergonomi pengendaranya. Salah satu bentuknya adalah soal standardisasi desain global. Bentuk standarisasi terlihat dari posisi selongsong gas dan tuas rem depan di sebelah kanan. sbobet

Kedua perangkat ini biasanya diperbaiki dan tidak pernah diganti oleh pabrikan motor. Berbeda dengan tuas rem belakang sesuai kebutuhan. Untuk skutik terletak di setang kiri tapi untuk motor manual diganti dengan kopling. Sedangkan untuk bebek atau anaknya, sama sekali tidak ada tuas.

M Abidin, GM Aftersales Service dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, pabrikan motor punya alasan kenapa mereka memposisikan gas dan rem depan di sebelah kanan.

“Desainer sepeda motor tentunya sudah mempelajari konsep dinamika manusia, dimana sisi kanan cenderung lebih dominan digunakan manusia untuk menggerakkan sesuatu,” kata Abidin kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. “Jadi untuk sepeda motor, bagian kanan digunakan untuk bagian yang paling sering digunakan, seperti menarik dan menurunkan pegangan gas, serta menekan dan melepas pedal rem,” ujarnya.

Tentu hal ini tidak mutlak, karena banyak orang yang lebih aktif menggunakan tangan kiri atau biasa disebut kidal. link alternatif sbobet

Namun kata Abidin, sepeda motor harus memperhatikan kasus yang paling sering terjadi. Abidin menuturkan, saat orang kidal belajar naik sepeda biasanya butuh waktu lebih lama untuk menjadi mahir. Tapi bukannya Anda tidak bisa mengendarai sepeda motor sama sekali. “Ya betul, bagi yang kidal (aktif di tangan atau kaki kiri) akan lebih sulit belajar naik motor dibanding yang aktif kanan,” kata Abidin.

Tidak ada komentar